Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD

Nasution, Tria Amanda (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Prawijaya, Septian (Unknown)
Maulana, Waliyul (Unknown)
Usman, Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila di Kelas V SD 028229 Binjai Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD 028229 Binjai Barat yang terdiri dari 2 kelas yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 45 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 46,95 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah sebesar 50,90. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 84,35 sedangkan kelas kontrol 69,09 sehingga penerapan model pembelajaran Pair Check berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar nilai 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...