Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

PEMANFAATAN KEARIFAN LOKAL RUMAH LIMAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: FOKUS PADA KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN

Mailani, Elvi (Unknown)
Laia, Salman (Unknown)
Ernanda, Hotmauli (Unknown)
Tarigan, Afni (Unknown)
Sembiring, Eprimsa (Unknown)
Rarastika, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan antara kearifan lokal, khususnya arsitektur rumahlimas, dengan konsep matematika kesebangunan dan kekongruenan. Melalui pendekatan etnomatematika, penelitianini menganalisis elemen-elemen geometri pada rumah limas dan mengidentifikasi konsep matematika yangterkandung di dalamnya. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa rumah limas mengandung berbagai konsep matematika yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaranyang menarik dan bermakna bagi siswa. Implementasi pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal inidiharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep kesebangunan dan kekongruenan, sertamenumbuhkan apresiasi terhadap warisan budaya bangsa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...