SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal
Vol. 3 No. 2 (2025): Juli 2025

PENGENALAN DAN PENGELOLAAN STRES PADA ANAK PANTI ASUHAN : EDUKASI DI PANTI ASUHAN HAIRUN NISSA

Sasmaya, Elsadian Hana (Unknown)
Yuliana, Lingga (Unknown)
Alfiansyah, Aan (Unknown)
Muftikhali, Qilbaaini Effendi (Unknown)
Novyta, Novyta (Unknown)
Rhamdany, Fathya Talitha (Unknown)
Fadhila, Naufal (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi tentang stres kepada mereka agar mampu mengenali dan mengelola kondisi tersebut secara positif. Edukasi ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis tentang apa itu stres, penyebabnya, serta dampaknya, tetapi juga mengajarkan teknik-teknik dasar dalam mengelola stres seperti relaksasi, berpikir positif, serta pentingnya dukungan sosial. Kegiatan edukasi mengenai stres yang dilaksanakan di Panti Asuhan Hairun Nissa yang berlokasi di Kota Jakarta Selatan. Kegiatan dilaksanakan pada minggu ke empat Bulan Mei 2025. Sebanyak 15 peserta yang berusia 12-15 tahun. Pelatihan ini menciptakan keterlibatan serta keaktifan peserta yang didominasi oleh ana-anak mengenai konsep serta dampak stress. Sejak dini, anak-anak perlu dikenali terkait pengelolaan stress yang tepat. Pengalaman ini menggarisbawahi betapa krusialnya memiliki empati dan menjalin komunikasi yang efektif ketika berinteraksi dengan anak-anak. Harapannya, kegiatan ini menjadi pondasi penting untuk menghadapi tantangan sosial di masa mendatang, serta pelaksanaan kegiatan serupa dapat diimplementasikan pada komunitas tertentu seperti komunitas olahraga, karang taruna, perkumpulan remaja, dan lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SCSEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal is concerned and published articles related to the practice and processes of community service and empowerment. Every article published is expected to provide insights and inspire activities elsewhere on related ...