Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS)
Vol 4 No 1 (2025): Juli 2025

Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Ilmiah Dalam Pelajaran IPA

Siregar, Shinta Marito (Unknown)
Putri, Elia (Unknown)
Silalahi, Beta Rapita (Unknown)
Handayani, Aminda Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Sekolah SD Negeri 101874 Tumapatan Nibung sebagai mitra dalam pengabdian ini belum menerapkan dengan maksimal komunikasi ilmiah baik lisan maupun tulisan dalam proses pembelajaran IPA, disebabkan kurangnya pemahaman guru terkait proses pembelajaran aktif yang menekankan pada identifikasi, memecahkan masalah melalui analisis data dan berfikir kritis. Oleh sebab itu perlu dilakukan peningkatan kemampuan melalui PKM agar pembelajaran IPA dilaksanakan secara inquiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Metode yang digunakan berupa sosialisasi dan pelatihan terhadap 26 guru dalam bentuk project based learning, tim pengabdian sebagai pengajar sedangkan guru-guru sebagai peserta didik, dengan tahapan; (1) Start with the essential question; (2) Design a plan for the project; (3) Create a schedule; (4) Monitor the students and the progress of the project; (5) Asses the outcome; (6) Evaluate the experience. Hasil refleksi pada kegiatan yang dilakukan dengan penerapan langsung metode project based learning, 90% guru-guru semakin mudah memahami dan akan menerapkannya di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juribmas

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Social Sciences

Description

Focus dan scope dari Jurnal JURIBMAS (Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat) terbit pertama kali pada tahun 2022 yang dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah dari hasil pengabdian masyarakat. Jurnal JURIBMAS Lembaga Kursus dan Pelatihan Karya Prima terbit 3 (tiga) kali setahun pada bulan Maret, Juli ...