Sekolah SD Negeri 101874 Tumapatan Nibung sebagai mitra dalam pengabdian ini belum menerapkan dengan maksimal komunikasi ilmiah baik lisan maupun tulisan dalam proses pembelajaran IPA, disebabkan kurangnya pemahaman guru terkait proses pembelajaran aktif yang menekankan pada identifikasi, memecahkan masalah melalui analisis data dan berfikir kritis. Oleh sebab itu perlu dilakukan peningkatan kemampuan melalui PKM agar pembelajaran IPA dilaksanakan secara inquiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Metode yang digunakan berupa sosialisasi dan pelatihan terhadap 26 guru dalam bentuk project based learning, tim pengabdian sebagai pengajar sedangkan guru-guru sebagai peserta didik, dengan tahapan; (1) Start with the essential question; (2) Design a plan for the project; (3) Create a schedule; (4) Monitor the students and the progress of the project; (5) Asses the outcome; (6) Evaluate the experience. Hasil refleksi pada kegiatan yang dilakukan dengan penerapan langsung metode project based learning, 90% guru-guru semakin mudah memahami dan akan menerapkannya di kelas.
Copyrights © 2025