Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Etika Penggunaan AI di Sekolah: Menyeimbangkan Inovasi Dengan Integritas Akademik

Astuti, Asmi (Unknown)
Thoha, M. (Unknown)
Dahliah, Jeli (Unknown)
Maryanti, Atik (Unknown)
Ambarita, Dharmawati (Unknown)
Rifa’i, Rifa’i (Unknown)
Hidayat, Tomi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Kecerdasan buatan (AI) telah membawa transformasi signifikan dalam sistem pendidikan, termasuk di lingkungan sekolah. Pemanfaatannya dalam pembelajaran, evaluasi, dan penyelesaian tugas akademik menghadirkan peluang baru sekaligus tantangan etis, terutama terkait integritas akademik. Artikel ini membahas secara mendalam lima isu utama: isu plagiarisme dan keaslian karya siswa, pedoman penggunaan AI yang bertanggung jawab, pengembangan kebijakan AI (AI policy) di sekolah, mengajarkan siswa tentang penggunaan AI yang etis, serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis. Dengan menggunakan metode kualitatif berbasis literatur, artikel ini menyajikan strategi dan rekomendasi praktis bagi sekolah untuk menyeimbangkan kemajuan teknologi dengan nilai-nilai pendidikan yang mendasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...