Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Vol. 15 No. 2 (2025): Pembahsi (Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia)

DESAIN DAN PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERCERITA

Mayang Sari (Unknown)
Yessi Fitriani (Unknown)
Septianalisa (Unknown)
Weny Novyanza (Unknown)
Vo Tuan Kiet (Unknown)
Bui Thi Mai Phuong (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research merupakan pendekatan yang digunakan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam keterampilan berbicara Bahasa Indonesia. PTK dilaksanakan melalui tahapan sistematis berupa perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara berulang. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan rancangan dan prosedur pelaksanaan PTK sebagai solusi praktis dalam mengatasi permasalahan pembelajaran berbicara di kelas. PTK menekankan pentingnya kolaborasi dan partisipasi aktif guru sebagai pelaksana sekaligus peneliti. Oleh karena itu, perencanaan PTK yang matang sangat diperlukan agar penerapan metode bercerita dapat berdampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra In

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pembahsi: journals learning language and Indonesian literature is a writing of research, study, and application of theory, conceptual ideas, as well as literature articles in the field of science education language and Indonesian ...