Notasi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2025): Juni

Analisis data time series menggunakan metode ARIMA untuk meramalkan persentase lulusan tepat waktu di FKIP Undana

Nahuway, Yosefanny (Unknown)
Ekowati, Christine Krisnandari (Unknown)
Madu, Aleksius (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Tingkat kelulusan tepat waktu merupakan salah satu indikator kinerja yang sangat penting di lingkungan pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan persentase lulusan tepat waktu di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana selama 5 (lima) tahun kedepan menggunakan  metode ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average). Data yang digunakan berupa data runtun waktu persentase lulusan tepat waktu dari tahun 2013-2023, yang dikumpulkan setiap periode wisuda (Februari, Juni, dan September). Proses analisis dilakukan melalui tahapan identifikasi stasioneritas data, plot ACF dan PACF, pemilihan model, pengujian parameter model, serta peramalan menggunakan model terbaik. Hasil analisis menunjukkan bahwa model terbaik untuk peramalan adalah model ARIMA (2, 2, 1) dengan nilai AIC sebesar -109,6. Model ini digunakan untuk meramalkan 15 periode wisuda ke depan, dari tahun 2024 hingga 2028. Hasil peramalan memperlihatkan tren fluktuatif, namun menunjukkan kecenderungan penurunan pada akhir periode. Peramalan ini dapat dijadikan dasar dalam perencanaan strategis fakultas untuk meningkatkan jumlah lulusan tepat waktu serta meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

notasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

NOTASI : Jurnal Pendidikan Matematika [e-ISSN: 2988-5906] adalah Jurnal Open Access yang membahas terkait tentang pendidikan matematika yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Jurnal Notasi menerima artikel ilmiah penelitian atau kajian ...