Aksi Kita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 4 (2025): JULI-AGUSTUS

Pemberdayaan Peningkatan Pelayanan Pelanggan dan Digitalisasi Usaha UMKM F&B Kota Depok

Muhammad Fadilah (Unknown)
Yuni Pambreni (Unknown)
Suci Ayu Sudari (Unknown)
Ramzaqy Fadlililah (Unknown)
Fahri Faturahman (Unknown)
Tegar Firmansyah (Unknown)
Muhammad Qisthi Yovari (Unknown)
Najwa Sabrina (Unknown)
Panca Apriliani (Unknown)
Dwi Rachmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor makanan dan minuman (F&B) melalui peningkatan pelayanan pelanggan dan digitalisasi usaha di Kota Depok. Program ini melibatkan sosialisasi serta pendampingan teknis mengenai pentingnya pelayanan prima, legalitas usaha melalui izin PIRT, serta pemanfaatan platform digital seperti ShopeeFood dan sistem pembayaran QRIS melalui Shopee Partner. Metode yang digunakan mencakup pendekatan observasi awal, penyampaian materi secara langsung, serta distribusi informasi visual berupa pamflet. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta memperoleh pemahaman baru mengenai lima dimensi utama pelayanan pelanggan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy), serta terlibat aktif dalam proses pendaftaran PIRT dan layanan digital. Kegiatan ini terbukti meningkatkan kesiapan UMKM untuk bersaing secara legal, profesional, dan adaptif di era ekonomi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aksikita

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, ekonomi, agama, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa ...