Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pengaruh Social Support dan Self Awareness terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMK Negeri 31 Jakarta

Pelengkahu, Yolanda (Unknown)
Zulaihati, Sri (Unknown)
Swaramarinda, Darma Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatuhi pengaruh social support dan self awareness terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas X SMK Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survey dan sebanyak 210 siswa menjadi populasi pada penelitian ini. Sampel yang digunakan sebanyak 138 siswa yang didapat melalui rumus taro yamane. Pengolahan data menggunakan software SPSS 25 yang dilakukan dengan Teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social support memiliki pengaruh dan signifikan terhadap prorkastinasi akademik, bahwa self awareness berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik, dan social support dan self awareness berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap prokrastinasi akademi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...