Journal of Education Research
Vol. 6 No. 3 (2025)

Pengembangan Instrumen Pengukuran Keterampilan Kolaborasi Terintegrasi Nilai Pendidikan Islam Abad 21 Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam

Hermawan, Muhamad Heru (Unknown)
Soeharno, Soeharno (Unknown)
Supriadi, Wawan (Unknown)
Tjalla, Awaluddin (Unknown)
Wahyuni, Lussy Dwiutami (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran keterampilan kolaborasi yang terintegrasi dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran abad ke-21, dan menawarkan pendekatan baru dibandingkan instrumen sebelumnya yang belum mengakomodasi aspek integrasi nilai Islami secara komprehensif. Penelitian menggunakan metode survei dengan teknik cluster random sampling, melibatkan siswa Sekolah Menengah Pertama Islam di Jakarta. Data dikumpulkan menggunakan skala Likert lima tingkat. Validitas isi diuji oleh panel ahli menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI), sedangkan validitas konstruk diuji melalui analisis faktor eksploratori (EFA). Hasil menunjukkan validitas isi yang tinggi (CVI > 0,9), konsistensi internal yang sangat baik (Cronbach's Alpha = 0,949) dan mengidentifikasi lima dimensi keterampilan kolaborasi. Dengan validitas dan reliabilitas yang tinggi, instrumen ini menjadi alat yang andal untuk mengevaluasi keterampilan kolaborasi siswa berbasis nilai Islam. Instrumen ini memiliki implikasi praktis dalam pendidikan Islam abad ke-21, yaitu mendukung pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai Islam secara mendalam dalam proses pendidikan, sehingga menciptakan generasi yang kompeten secara global dan berkarakter Islami.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...