Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PADA ANAK USIA DINI

Nurrohmi Octriana Putri (Unknown)
Juli Elika pangestu (Unknown)
Nadia Zahara (Unknown)
Winda Sherly Utami (Unknown)
Sri Indriani Harianja (Unknown)
Nursela Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum merdeka dalam meningkatkan keterampilan 4C anak usia dini di TK Al-Fatih. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Fatih Jambi sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran serta wawancara terhadap empat orang guru kelas B TK Al-Fatih. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat dilihat adanya pengaruh positif penerapan Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan keterampilan 4C anak usia dini, dimana anak-anak lebih aktif, kreatif, komunikatif, serta mampu bekerja sama dengan teman dalam berbagai aktivitas yang sesuai dengan tahapan perkembangan mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...