Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Dunia Pendidikan

Pengembangan Buku Ajar Maharah Qiro'ah Berbasis Cerita Fabel untuk Pendidikan Karakter Peserta Didik MTsN 1 Palembang

Fajriyah, Indah (Unknown)
Imron, Kristina (Unknown)
Qaaf, Muhammad Alfath (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar keterampilan membaca (maharah qiroah) berbasis fabel untuk memperkuat pendidikan karakter di MTsN 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang disederhanakan melalui enam tahap: identifikasi masalah, pengumpulan data, desain, validasi, revisi, dan uji coba. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan buku pelajaran bahasa Arab yang ada kurang menarik, didominasi teks tanpa ilustrasi, serta belum mendukung pengembangan karakter atau motivasi membaca. Kuesioner siswa mengungkapkan 85,3% menganggap pelajaran qiroah membosankan, 77,3% kesulitan memahami teks, dan 93,3% ingin materi yang lebih menarik. Buku ajar yang dikembangkan mengintegrasikan cerita fabel dengan nilai karakter seperti kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab, serta dilengkapi fitur interaktif dan ilustrasi. Validasi oleh ahli materi dan media serta revisi memastikan buku ini efektif dan mudah digunakan. Uji coba di kelas VII menunjukkan peningkatan minat, pemahaman membaca, dan pembentukan karakter positif. Buku ini terbukti secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab dan pendidikan karakter siswa MTsN 1 Palembang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...