Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan aktif dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu yang masih didominasi metode konvensional, sehingga diperlukan inovasi media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif Canva dalam meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa pada tema “Kepemimpinan” di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Research and Development (R&D) model ADDIE dengan desain kuasi-eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas VI SD Inpres Noelbaki, terbagi dalam kelas VI A (eksperimen) dan VI B (kontrol), masing-masing 20 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar, angket minat belajar, lembar observasi keterlibatan siswa, dan dokumentasi yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,71 (kategori tinggi), sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,26 (kategori rendah). Sebanyak 92% siswa menyatakan media Canva menarik dan membantu pemahaman materi, serta keterlibatan siswa dalam diskusi meningkat selama pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah media interaktif Canva efektif dalam meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar serta mendukung pembelajaran abad ke-21.
Copyrights © 2025