Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Manajemen Pendidikan Berbasis Teknologi: Strategi Efektif untuk Mendukung Pembelajaran Abad 21

Suwardhani, Achmad Dheni (Unknown)
Angio, Supandi T (Unknown)
Malintang, Jimmy (Unknown)
Romadon, Sahri (Unknown)
Dahlia, Nahdhia Nila (Unknown)
Litaqia, Wulida (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membawa dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Manajemen pendidikan berbasis teknologi menjadi pendekatan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran, efisiensi administrasi, serta keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep manajemen pendidikan berbasis teknologi, strategi implementasi yang efektif, serta tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Metode kajian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis melalui studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi efektif meliputi penguatan infrastruktur digital, pelatihan guru, integrasi platform pembelajaran daring, serta pemanfaatan data untuk pengambilan keputusan. Tantangan seperti kesenjangan digital, rendahnya literasi teknologi, dan isu keamanan data dapat diatasi melalui kolaborasi multi-pihak, penyusunan regulasi, dan kebijakan pendidikan yang adaptif. Dengan pengelolaan yang tepat, teknologi dapat menjadi katalisator transformasi pendidikan yang relevan dan berkelanjutan di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...