Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa siswa,khususnya penggunaan simple past tense dalam menulis teks recount melalui teknikclustering pada siswa kelas VIII SMP Swasta Cinta Rakyat 2 Pematangsiantar. Penelitianini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus danmelibatkan 24 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, strategi pembelajaran danmateri dirancang. Pada tahap pelaksanaan, teknik clustering diterapkan untuk membantusiswa mengorganisasi dan mengungkapkan ide. Tahap observasi dilakukan untukmemantau partisipasi, keterlibatan siswa, dan hasil tes. Tahap refleksi digunakan untukmengevaluasi efektivitas pembelajaran. Pada siklus I, hanya 29,16% siswa yang mencapaikriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata 51,62. Setelah perbaikan pada siklus II, sebanyak91,66% siswa berhasil dengan rata-rata nilai 82,75. Hasil menunjukkan peningkatan sebesar 60,30%, membuktikan bahwa teknik clustering efektif dalam meningkatkanpenggunaan bahasa siswa dalam menulis teks recount.
Copyrights © 2025