IJSS
Vol. 3 No. 2 (2025): JULY- IJSS

Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Susanti, Evi (Unknown)
Ningrum, Mardani Eka (Unknown)
Djamarah, Syaiful Bahri (Unknown)
Marzuki , Marzuki (Unknown)
Marjuni, Marjuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dan kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Tunas Bangsa Bandung Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berpikir kritis yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Hasil analisis data menggunakan uji N-gain menunjukkan bahwa rata-rata skor N-gain pada kelas eksperimen mencapai 81% dan termasuk dalam kategori efektif, sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 1,83% dan termasuk dalam kategori tidak efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning memberikan pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model Discovery Learning dapat direkomendasikan sebagai salah satu pendekatan yang efektif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijss

Publisher

Subject

Humanities Education Physics Social Sciences Other

Description

The focus and scope of this journal are quite broad but limited to the social sciences. The scopes are many areas in social sciences such as politics, sociology, media and information, international relations, and anthropology including cultural and bioanthropology, social biology, multiculturalism, ...