Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 4 (2025): August

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 60/II Muara Bungo

Sari, Serli Purnama (Unknown)
Putra, Randi Eka (Unknown)
Mufti, Dhini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan tercapainya proses dan hasil belajar yang efektif dan maksimal pada materi operasi pecahan matematika melalui model Teams Games Tournament (TGT). Subjek penelitian berjumlah 16 peserta didik, dilaksanakan dalam II siklus menggunakan pendekatan PTK meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan: keberhasilan guru naik dari 82,60% siklus I menjadi 95,65% pada siklus II, partisipasi peserta didik dari 62,5% menjadi 87,5%, dan nilai tes dari 68,75% menjadi 87,5%, peningkatan ini  memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Dengan demikian, model TGT efektif meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi matematika peserta didik kelas V di SD Negeri 60/II Muara Bungo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...