Counseling and Humanities Review
Vol 5, No 1 (2025): Counseling and Humanities Review

Hubungan Self-Regulated Learning dengan Disiplin Belajar Siswa

Oktarina, Wulan (Unknown)
Sukma, Dina (Unknown)
Syukur, Yarmis (Unknown)
Zola, Nilma (Unknown)
Syahri, Lia Mita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dengan disiplin belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Batang Anai tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional, melibatkan 152 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning siswa pada umumnya berada pada kategori sedang (53,95%) dan disiplin belajar siswa pada umumnya berada pada kategori sedang (51,32%). Analisis korelasi pearson menunjukkan hubungan positif yang kuat antara kedua variabel (r = 0,766; p < 0,05). Temuan ini menujukkan bahwa semakin tinggi tingkat self-regulated learning, maka semakin tinggi pula disiplin belajar siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan perlunya peran layanan bimbingan dan konseling dalam membantu siswa meningkatkan self-regulated learning dan disiplin belajar. Layanan yang dapat diberikan antara lain meliputi  layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, dan layanan penguasaan konten.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

chr

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience Other

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and humanities ...