Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Peran Konsep Keruangan dalam Memahami Hakikat Ilmu Geografi

Azizah, Fadhilatul (Unknown)
Pratama, Delia Ucha (Unknown)
Delima, Intan Putri (Unknown)
Ikhwan, Ikhwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Konsep keruangan merupakan inti dari pendekatan geografis yang memungkinkan analisis menyeluruh terhadap fenomena fisik dan sosial di permukaan bumi. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam peran konsep keruangan dalam memahami hakikat ilmu geografi, baik secara teoritis, analitis, maupun aplikatif, khususnya dalam bidang pendidikan. Melalui metode studi literatur, artikel ini menelaah berbagai sumber ilmiah untuk menggambarkan evolusi konsep ruang dan tempat dari pendekatan positivistik menuju pendekatan humanistik dan fenomenologis. Hasil kajian menunjukkan bahwa konsep keruangan tidak hanya penting untuk analisis spasial dan kerja sama antarwilayah, tetapi juga krusial dalam pembentukan identitas, pengelolaan lingkungan berkelanjutan, serta integrasi dalam kurikulum pendidikan. Penggunaan teknologi spasial seperti SIG dan penginderaan jauh memperkuat pemahaman spasial yang aplikatif. Ditekankan pula pentingnya pembelajaran berbasis studi kasus untuk menumbuhkan pola pikir spasial pada peserta didik. Dengan demikian, integrasi konsep keruangan dalam geografi modern menjadi fondasi penting untuk menganalisis fenomena global secara kritis dan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...