Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Surat Resmi Dengan Model Pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading, Composition (CIRC) UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat

Gulo, Ester Ceria (Unknown)
Waruwu, Lestari (Unknown)
Zega, Imansudi (Unknown)
Harefa, Noveri Amal Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat resmi melalui model Pembelajaran Cooperative, Intergrated, Reading and Compostion (CIRC) di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat tahun pembelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 4 tahapan yakni 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi 4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan peserta didik pembelajaran siklus I, dengan rata-rata nilai belajar 44%. Nilai terendah yang dicapai adalah 33 dan nilai tertingginya adalah 66, yang masih dikategorikan cukup. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan yang lebih signifikan dengan rata-rata hasil belajar mencapai 79,75%. Nilai terendah pada siklus II adalah 44 dan nilai tertinggi 88 yang termasuk dalam kategori baik.  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative, Integrated, Reading and Compostion (CIRC) efektif meningkatkan kemampuan menulis surat resmi di kelas VII UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Barat Tahun Pembelajaran 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...