Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi pembelajaran dan self-efficacy kelas inklusif di Sekolah Dasar Al Kautsar Kota Pasuruan , faktor penghambat dan pendukung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, dokumentasi, keabsahan data, dan analisis data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi dan self-efficacy siswa inklusif di Sekolah Dasar Al Kautsar Kota Pasuruan meliputi aspek pelayanan guru kepada siswa, implementasi kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran; (2) Faktor penghambat meliputi kurangnya guru khusus inklusif dan terbatasnya sarana dan prasarana. Faktor pendukung meliputi dukungan orang tua siswa, guru yang sabar, keberadaan guru pendamping khusus, dukungan pemerintah, dan peran siswa yang dapat saling menghargai
Copyrights © 2024