Selama ini metode pembelajaran di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Gondangrejo, Kabupaten Pasuruan hanya dengan metode ceramah, diskusi, presentasi, dan tanya jawab. Berdasar pengamatan di pembelajaran Mata Pelajaran (Mapel) Fikih, ditemukan bahwa tingkat motivasi dan hasil belajar peserta didik masih kurang memuaskan dan belum mencapai ketuntasan minimal yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode demonstrasi di mapel fikih. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dari wawancara dengan guru mata pelajaran Fiqih dan peserta didik kelas X. Sedangkan sumber data sekunder dari pengamatan langsung pada saat kegiatan belajar mengajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan metode demonstrasi oleh guru memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa. Adapun kelebihan dari metode demonstrasi yaitu: 1) Memberikan visualisasi nyata. 2) Menarik perhatian siswa dan meningkatkan motivasi belajar. 3) Menghindari pembelajaran yang terkesan monoton dan membosankan. Sedangkan untuk kelemahan dari metode demonstrasi yaitu: 1) Kurangnya perlengkapan yang memadai, 2) Memakan banyak waktu, dan 3) Beberapa siswa merasa takut saat melihat demonstrasi dikarenakan gangguan emosional dalam praktik pemulasaraan jenazah
Copyrights © 2024