Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi
Vol. 4 No. 4 (2025)

Penguatan Kapasitas Guru dan Masyarakat dalam Manajemen Pendidikan Inklusi

Amelia, Dona (Unknown)
Putri, Anne (Unknown)
Heliyani, Heliyani (Unknown)
Ali, Helmi (Unknown)
Suryanto, Dasep (Unknown)
Zuripal, Zuripal (Unknown)
Kuliman, Kuliman (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat internasional ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman dan keterampilan guru serta masyarakat dalam menangani anak berkebutuhan khusus (ABK). Program dilaksanakan oleh Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim (ITB HAS) Bukittinggi bekerja sama dengan narasumber internasional dari Australia dan pakar pendidikan nasional. Kegiaan Pengabdian Masyarakat Internasional dilaksanakan di Happy Kids Montessori, Bukittinggi. Metode pelaksanaan mencakup penyampaian materi, pelatihan praktis, dan tanya jawab interaktif, dengan peserta terdiri dari guru PAUD, mahasiswa, orang tua, dan praktisi pendidikan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta terkait manajemen pendidikan inklusif dan strategi pembelajaran ABK, terbentuknya jejaring kerja sama , serta tersusunnya rencana tindak lanjut pelatihan lanjutan. Implikasi program meliputi penguatan kapasitas sumber daya manusia di bidang pendidikan inklusif dan mendorong transformasi paradigma pengelolaan sekolah ramah ABK. Kata kunci: Penguatan kapasitas, Manajemen, Pendidikan Inklusi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPMA

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Focus Jurnal Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk menyediakan wadah bagi peneliti Nasional di bidang Bisnis dan Teknologi Terapan untuk mempublikasikan artikel asli dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Scope Ruang lingkup Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah Bisnis dan Teknologi. Jurnal ini ...