Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Vol. 9 No. 02 (2025): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM  DOA WASIAT SYEKH SAMMAN AL-MADANI MENURUT PEMIKIRAN K.H. MUNAWWAR BIN AHMAD GHAZALI AL-BANJARI

Khalilurrahman (Unknown)
Abdurrahman (Unknown)
Izzuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2025

Abstract

K.H. Munawwar bin Ahmad Ghazali Al-Banjari atau yang biasa dikenal dengan sebutan Guru Kubah salah seorang mursyid tarekat Sammaniyah menjelaskan, bahwa doa yang diwasiatkan Syekh Samman Al-Madani ini akan hasil fadilatnya jika diiringi dengan pengamalan (penerapan) nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam doanya. Namun faktanya, kebanyakan orang sering salah paham, mereka mengira doa itu hanya cukup dibaca setiap hari selesai sholat subuh, terus diabaikan saja dan tidak diamalkan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research). Data dikumpulkan melalui wawancara, studi literatur, dan penelusuran online, serta dianalisis menggunakan metode analisis konten. (conten analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam doa wasiat Syekh Samman Al-Madani menurut pemikiran K.H. Munawwar bin Ahmad Ghazali Al-Banjari secara terperinci ada tiga belas dan dikelompokkan menjadi tiga kategori berdasarkan sudut pandangnya: 1) Nilai Pendidikan I’tiqodiyah: Beriman kepada Allah Al-Ghaffaar, Ar-Rahmaan dan Ar-Rahiim, As-Sittiir, dan Al-Jabbaar. 2) Nilai Pendidikan Amaliyah: Beristighfar, bersedekah, menjauhi gibah, dan menuntut ilmu. 3) Nilai Pendidikan Khuluqiyah: Bersifat pemaaf, kasih sayang, pendiam, dan sabar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

This journal publishes the results of research related to focuses on Education such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research ...