Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Tinta

Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Pembelajaran Sastra untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Literatur Digital Siswa SMK

Farawita, Ria (Unknown)
Dina Ayu Rachma Ilmiana (Unknown)
Akhfida Husda, Rizky (Unknown)
Queena Hadi Putri, Nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran sastra untuk meningkatkan kemampuan analisis literatur digital. Fokusnya adalah membandingkan karakterisasi dan plot dalam Hikayat Si Miskin dan cerpen Tarian Pena. Metode yang digunakan dalam pembelajaran mencakup kuis online, refleksi individu berbasis platform digital, serta model pembelajaran kolaboratif Numbered Heads Together. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK yang dilibatkan dalam pengerjaan kuis online berbasis platform digital. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dapat memperdalam pemahaman siswa terhadap karakterisasi dan alur cerita, serta mendorong partisipasi aktif dan refleksi kritis dalam proses belajar. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran sastra sebagai bentuk adaptasi terhadap ekosistem pendidikan digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnaltinta

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This Journal covers the area of Teaching learning in Indonesia and the science of Teaching Learning at educational system in such areas of teaching science, teaching social knowledge, teaching language, teaching religion, teaching culture and teaching technology and publishes articles biannually in ...