LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 10, No 2 (2025): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra

Revitalisasi Literasi Berbahasa Siswa dengan Metode Pembelajaran di Perpustakaan oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Natal

Haliza, Nur (Unknown)
Harahap, Eli Marlina (Unknown)
Aritonang, Devinna Riskiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2025

Abstract

Revitalisasi literasi dilakukan di SMA Negeri 1 Natal, Mandailing Natal, melalui penelitian berjudul Revitalisasi Literasi Berbahasa Siswa dengan Metode Pembelajaran di Perpustakaan oleh Siswa Kelas X-1. Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa, terutama di tengah dominasi hiburan digital yang mengurangi kebiasaan membaca dan menulis tradisional. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan informan Guru Bahasa Indonesia, Ibu Indah Rahmadahani, 33 siswa kelas X-1 (15 laki-laki, 18 perempuan), dan peneliti sendiri. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, lembar kerja siswa (LKPD), dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa metode pembelajaran di perpustakaan efektif dalam meningkatkan literasi: 31 siswa dinyatakan lancar dan hanya 2 siswa tidak lancar. Ini membuktikan bahwa kunjungan dan pembelajaran di perpustakaan berkontribusi positif terhadap literasi siswa tahun ajaran 2023–2024.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...