Penelitian ini bertujuan untuk memetakan perkembangan ilmiah dalam bidang pendidikan karakter dan nilai-nilai berkelanjutan menggunakan pendekatan bibliometrik. Data diperoleh dari basis data Scopus dengan rentang tahun 2000 hingga 2025, dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema pendidikan karakter mengalami evolusi signifikan dari fokus pada aspek psikologis dan moral menuju integrasi dengan teknologi digital seperti artificial intelligence, learning systems, dan education computing. Visualisasi kata kunci (co-occurrence) mengungkap adanya hubungan erat antara nilai-nilai sosial, budaya lokal, serta inovasi pendidikan berbasis teknologi. Selain itu, analisis co-authorship menunjukkan dominasi kolaborasi dari peneliti Indonesia, Amerika Serikat, dan Malaysia, serta potensi kolaborasi lintas institusi dan negara yang semakin kuat. Studi ini memberikan kontribusi teoretis dalam pemetaan struktur intelektual pendidikan karakter dan memberikan implikasi praktis bagi pengembangan kurikulum dan kebijakan pendidikan yang kontekstual dan berkelanjutan. Meskipun demikian, keterbatasan pada sumber data dan pendekatan kuantitatif menunjukkan perlunya studi lanjutan dengan pendekatan kualitatif untuk pendalaman isi dan makna konseptual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025