Kurikulum merdeka menekankan pada pengembangan kompetensi siswa melalui pembelajaran yang lebih fleksibel dan berpusat pada siswa. Seiring majunya ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang seiring keterbaruan kurikulum dan perangkat pembelajaran.  Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat di manfaatkan sebagai media pembelajaran digital, meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, dan mengkomunikasikan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif LUFRAMATH guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RD) model Borg and Gall dengan sepuluh tahap pengembangan meliputi: research and information collecting, planning, development of prelminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision, dissemination and implementation. Hasil validasi ahli menunjukkan kelayakan media dengan skor: media 94%, materi 96%, soal 96%, bahasa 100%, dan guru 85–98%. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yaitu kelompok kecil (5 siswa) dengan rata-rata skor respon 94 dan kelompok besar (10 siswa) dengan rata-rata skor 93, degan kategori sangat praktis. Uji keberhasilan produk menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 47,2%, dengan nilai rata-rata pretest 37,9 dan posttest 85,2. Seluruh siswa mengalami peningkatan hasil belajar, dengan sebagian besar berada pada kategori peningkatan sedang hingga tinggi. Dengan demikian, media LUFRAMATH dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran pecahan di kelas V SD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025