Soft skill merupakan kemampuan non-teknis yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan di dunia kerja. Pada penelitian ini akan dianalisis pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), proses pembelajaran, dan keaktifan siswa dalam OSIS terhadap pengembangan soft skills siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi logistik ordinal dengan data yang diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh siswa, dengan variabel independen, yaitu PKL, proses pembelajaran, dan keaktifan dalam OSIS. Sedangkan variabel dependen yaitu soft skill siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan PKL, proses pembelajaran dan keaktifan OSIS terhadap pengembangan soft skills siswa. PKL berpengaruh positif dengan nilai signifikansi 0.009, proses pembelajaran memiliki pengaruh positif dengan nilai signifikansi 0.041, dan keaktifan siswa dalam OSIS memberikan pengaruh positif dengan nilai signifikansi 0.039. Hasil ini didukung dengan nilai koefisien Determinasi Nagelkerke sebesarĀ 67.1%, yang berarti variabel PKL, proses pembelajaran dan keaktifan OSIS mempengaruhi soft skill siswa sebesar 67.1% dan 32.9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel pengujian model.
Copyrights © 2025