Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 4 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: Oktober

Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), Proses Pembelajaran dan Keaktifan OSIS Terhadap Soft Skill Siswa

Yuni Arifatur Rohmah (Unknown)
Siti Maftuhah (Unknown)
Sitti Hadijah (Unknown)
Sri Harini (Unknown)
Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Soft skill merupakan kemampuan non-teknis yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan di dunia kerja. Pada penelitian ini akan dianalisis pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), proses pembelajaran, dan keaktifan siswa dalam OSIS terhadap pengembangan soft skills siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi logistik ordinal dengan data yang diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh siswa, dengan variabel independen, yaitu PKL, proses pembelajaran, dan keaktifan dalam OSIS. Sedangkan variabel dependen yaitu soft skill siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan PKL, proses pembelajaran dan keaktifan OSIS terhadap pengembangan soft skills siswa. PKL berpengaruh positif dengan nilai signifikansi 0.009, proses pembelajaran memiliki pengaruh positif dengan nilai signifikansi 0.041, dan keaktifan siswa dalam OSIS memberikan pengaruh positif dengan nilai signifikansi 0.039. Hasil ini didukung dengan nilai koefisien Determinasi Nagelkerke sebesarĀ  67.1%, yang berarti variabel PKL, proses pembelajaran dan keaktifan OSIS mempengaruhi soft skill siswa sebesar 67.1% dan 32.9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel pengujian model.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...