Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Abdimas Berdaya

Pemberdayaan Pembelajaran Surface Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SD Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Azizan, Yoga Rifqi (Unknown)
Yulianto, Bambang (Unknown)
., Yuniseffrendi (Unknown)
Anggraeni, Yonita Shelly (Unknown)
Agung Wibowo, Yermia Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

: Penelitan pengabdian ini bertujuan mengetahui rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SD di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) mendorong perlunya strategi pengajaran yang relevan dan kontekstual. Program pengabdian ini berangkat dari kurangnya pelatihan guru serta keterbatasan media dan metode pembelajaran yang sesuai, khususnya dalam pendekatan Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini memposisikan diri sebagai upaya pemberdayaan guru dan siswa melalui penerapan metode surface learning, yang menekankan penguasaan literasi dasar secara berulang, sederhana, dan menyenangkan. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan guru, penyediaan media bacaan, pembelajaran langsung kepada siswa, serta pelibatan orang tua dalam pembelajaran di rumah. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca dasar lebih dari 70% siswa, peningkatan motivasi dan kepercayaan diri, serta terciptanya lingkungan belajar yang positif. Selain itu, guru mendapatkan pemahaman baru dalam menerapkan strategi pengajaran berbasis surface learning. Program ini dapat dijadikan model pelatihan literasi dasar di sekolah Indonesia luar negeri lainnya yang memiliki tantangan multibahasa dan keterbatasan sumber belajar.

Copyrights © 2025