AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 2, No 1 (2025): Juni 2025

Konsep Dasar Ilmu Fikih

Zali, Muhammad (Unknown)
Putri, Alya Nabila (Unknown)
Astuti, Andini Febri (Unknown)
Syahfira, Anggun (Unknown)
Siahaaan, Asimah Mika Gracella Lamtio (Unknown)
Gultom, Erlina (Unknown)
Rizky, Erwina (Unknown)
Siregar, Hilsa Ananta (Unknown)
Syifaurridha, Naila (Unknown)
Ananda, Revalina Etika (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji konsep dasar ilmu fikih yang mencakup definisi, ruang lingkup, sumber hukum, tujuan, karakteristik, serta peran lembaga pendidikan dalam perkembangannya. Kajian kualitatif deskriptif ini dilakukan di Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, melalui studi literatur terhadap karya ulama klasik dan artikel jurnal terbitan tahun 2014–2024. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil menunjukkan bahwa fikih berakar pada Al-Qur’an, Hadis, Ijma’, dan Qiyas; bersifat dinamis melalui ijtihad; serta merepresentasikan lima maqāṣid al-syarī‘ah. Pesantren dan perguruan tinggi Islam memainkan peran penting dalam menjaga otoritas keilmuan fikih di tengah arus informasi digital. Pemahaman komprehensif atas konsep dasar fikih menjadi fondasi penting bagi pengembangan kajian lanjutan dan implementasi hukum Islam yang adaptif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...