JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN
Vol 13, No 2 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan

Peran Emosi Sebagai Mediasi Pengaruh Antara Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Sosial

Oktavia, Emilda (Unknown)
Kusdyah R, Ike (Unknown)
Handoko, Yunus (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku sosial anak usia dini dengan emosi sebagai variabel mediasi. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 60 guru PAUD Palm Kids Palembang sebagai responden. Instrumen penelitian dikembangkan berdasarkan indikator pendidikan karakter, emosi, dan perilaku sosial anak. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis mediasi dengan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi dan perilaku sosial. Selain itu, emosi juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku sosial. Uji mediasi menunjukkan bahwa emosi memediasi secara signifikan pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku sosial anak. Dengan demikian, pendidikan karakter tidak hanya berdampak langsung pada perilaku sosial anak, tetapi juga secara tidak langsung melalui penguatan emosi. Hasil penelitian ini menggarisbawahi pentingnya integrasi pengembangan karakter dan emosi dalam pembelajaran anak usia dini guna membentuk perilaku sosial yang positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research articles results and conceptual studies in field of educational management and educational administration. Jurnal Manajemen Pendidikan publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of educational ...