PEDAGOGIKA
Vol 15 No 1 (2024): Vol 15 No 1 (2024): April

Profesionalisme Guru PAI dalam Menghadapi Tantangan Abad ke-21

Muslim, Muslim (Unknown)
Afriantoni, Afriantoni (Unknown)
Yuniarti, Nadhrah Finni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Pendekatan yang digunakan adalah kajian pustaka (library research) dengan metode pengumpulan data dari berbagai sumber tertulis, seperti buku, jurnal, artikel, maupun dokumen yang relevan. Metode ini dimaksudkan untuk menelaah teori, memperkuat landasan teoretis, memperluas wawasan, menemukan celah penelitian, serta menyusun sintesis informasi sebagai pijakan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru PAI menjadi faktor kunci dalam menjawab dinamika pendidikan modern. Guru dituntut menguasai materi keagamaan, mengembangkan keterampilan pedagogik, dan mengintegrasikan literasi digital agar mampu memberikan pembelajaran agama yang adaptif, kontekstual, dan bermakna. Selain itu, pelatihan berkelanjutan serta kolaborasi antar pihak sangat diperlukan untuk mendukung inovasi guru. Disarankan agar lembaga pendidikan dan pemerintah memperkuat dukungan melalui pelatihan teknologi, penyediaan fasilitas, serta program pengembangan profesional yang berkesinambungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...