Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Game-Based Learning Dengan Media Wordwall Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI NU 01 Sutapranan

Alfuniam, Fiyya (Unknown)
Resya, Kusuma Ningtyas Pramita (Unknown)
Ulum, Mokhamad Miptakhul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Game-Based Learning (GBL) dengan media Wordwall terhadap peningkatan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV MI NU 01 Sutapranan, dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi siswa akibat metode pembelajaran yang monoton. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest, penelitian ini melibatkan tes evaluasi, angket, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai posttest naik dari 70,42 menjadi 86,67 dan N-Gain 61,2% (kategori sedang), jauh melampaui kelas kontrol yang hanya naik 13,6%. Koefisien determinasi (

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...