Journal of Citizen Research and Development
Vol 2, No 1 (2025): Mei 2025

Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan

Haryadi, Haryadi (Unknown)
Wardana, Vidia (Unknown)
Sembiring, Graciela Br (Unknown)
Sianturi, Tasya (Unknown)
Sitorus, Melody (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Canva terhadap motivasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan melalui google form kepada mahasiswa yang telah menggunakan Canva dalam proses pembelajaran. Analisis dilakukan menggunakan uji regresi linear sederhana, uji normalitas, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 73,9% terhadap variabel motivasi belajar. Penggunaan Canva yang menawarkan fitur visual dan interaktif terbukti meningkatkan keterlibatan, pemahaman, serta kreativitas mahasiswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian juga memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran di institusi pendidikan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcrd

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Education Medicine & Pharmacology

Description

JCRD Journal of Citizen Research and Development dengan nomor ISSN terdaftar 3048-2933 (Cetak - Print) dan 3048-2941 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JCRD Journal of Citizen Research and Development bertujuan untuk mempublikasikan ...