Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2025): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Kolaborasi Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam: Model Manajemen Kemitraan Berkelanjutan

Dinata, Feri Riski (Unknown)
Kuswadi, Ali (Unknown)
Marlina, Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2025

Abstract

Kolaborasi antara pesantren dan perguruan tinggi Islam merupakan langkah strategis dalam mengembangkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dalam konteks ini, penting untuk memahami bagaimana kedua institusi ini dapat saling melengkapi dan berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan. Pesantren, sebagai lembaga pendidikan tradisional, memiliki kekayaan nilai-nilai moral dan spiritual yang sangat penting. Di sisi lain, perguruan tinggi Islam membawa pendekatan akademis yang lebih modern dan sistematis. Melalui metode library research, penelitian ini mengumpulkan data dari berbagai sumber untuk menganalisis praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi. Misalnya, kolaborasi dalam bentuk program pertukaran pelajar atau pengembangan kurikulum bersama dapat menciptakan sinergi yang bermanfaat. Namun, tantangan seperti perbedaan manajemen dan visi pendidikan sering kali muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga memperkuat peran sosial pesantren dalam masyarakat. Dengan mengintegrasikan kekuatan masing-masing, kolaborasi ini dapat menciptakan model pendidikan yang lebih inklusif dan adaptif terhadap perubahan zaman. Dalam kesimpulannya, kolaborasi antara pesantren dan perguruan tinggi Islam tidak hanya bermanfaat bagi institusi itu sendiri, tetapi juga memberikan dampak positif yang luas bagi masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmpi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup: Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam merupakan jurnal ilmiah yang aktif mempublikasikan hasil penelitian lapangan dan studi literatur. Cakupan: Kebijakan Bidang Pendidikan, Kepemimpinan Bidang Pendidikan, Pengelolaan Sekolah/Madrasah/Pesantren, Pengelolaan ...