Penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 9 Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka di SMA Negeri 9 Takalar (2) pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 9 Takalar (3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 9 Takalar. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengecekan keabsahan data uji kredibilitas dengan trianglasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 9 Takalar menunjukkan adanya komitmen dan kesiapan sekolah dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Hal ini dilihat dari proses perencanaan secara sistematis mulai dari pelatihan, pembuatan perangkat ajar, menyusun strategi dan metode pembelajaran, serta alat dan sumber belajar yang mendukung dalam pelaksanaan (2) Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 9 Takalar sudah berjalan sesuai dengan prinsip kurikulum merdeka yaitu fleksibel dan berfokus pada muatan esensial (3) beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan kurikulum merdeka, yaitu pendukung adanya komitmen guru dan kepala sekolah serta adanya kegiatan pelatihan. Penghambat beberapa guru belum memahami dengan baik mengenai Kurikulum Merdeka dan keterbatasan sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2025