Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 15 No. 2 (2025)

MENDIDIK GENERASI Z DAN A: STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA YANG EFEKTIF: EDUCATING GENERATION Z AND A: EFFECTIVE LANGUAGE LEARNING STRATEGIES

Putri, Ida Ayu Puti Rika Wibawanti (Unknown)
Nurul Humairah (Unknown)
I Wayan Rasna (Unknown)
Ida Bagus Putrayasa (Unknown)
I Nengah Suandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Era digital melahirkan Generasi Z dan Generasi Alpha dengan karakter belajar yang berbeda dan dipengaruhi teknologi. Penelitian ini menggunakan studi pustaka kualitatif untuk menganalisis strategi pembelajaran bahasa melalui berbagai model seperti inquiry-based learning, experiential learning, task-based learning, project-based learning, flipped classroom, serta pendekatan gamifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Generasi Z cenderung menyukai pembelajaran kontekstual, kolaboratif, dan eksploratif berbasis daring, sedangkan Generasi Alpha membutuhkan pendekatan multisensori, interaktif, dan menyenangkan. Implikasi praktisnya, strategi pembelajaran bahasa perlu dirancang adaptif, bermakna, dan berorientasi pada integrasi nilai moral untuk mengembangkan literasi, berpikir kritis, dan etika berbahasa secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...