Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 8 (2025): Oktober

Peran Teknologi Digital dan Digital Marketing dalam Menyongsong Sustainability Competitive Bisnis UMKM di Desa Kemiri Kecamatan Jenangan Ponorogo

Mukaromah, Muhimmatul (Unknown)
Aulia, Syarifah Nur (Unknown)
Maharani, Nabella Dwi (Unknown)
Ardianti, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis UMKM menjadi aspek penting dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis di masa mendatang. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi digital dan digital marketing dalam mendorong keberlanjutan daya saing (sustainability competitive) bisnis UMKM di Desa Kemiri, Jenangan, Ponorogo. Dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis tematik. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital dan digital marketing dapat memperluas akses pasar, memperluas jaringan pelanggan, meningkatkan kualitas produk lokal, serta meningkatkan kesadaran pelanggan. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini menegaskan bahwa implementasi teknologi digital dan digital marketing dapat menjadi strategi bisnis yang efektif dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM di Desa Kemiri Kecamatan Jenangan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...