SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Analisis Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membangun Civic Skills Peserta Didik di SMPN 3 Gerung

Mujahidittauhid, Ahyan (Unknown)
Mustari, Mohammad (Unknown)
Sawaludin, Sawaludin (Unknown)
Alqadri, Bagdawansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan sebuah program yang dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan mendorong  pencapaian  profil  pelajar  Pancasila pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan P5 dalam membangun civic skills peserta didik di SMPN 3 Gerung dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan P5 di SMPN 3 Gerung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang didapatkan penerapan P5 di SMPN 3 Gerung menerapkan 3 tema yaitu demokrasi, kewirausahaan, dan kearifan lokal. Proyek-proyek yang ada pada masing-masing tema memiliki potensi besar dalam membangun civic skills peserta didik, menjadikan mereka individu yang kompeten, berkarakter, dan mampu berkontribusi dalam masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...