Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG BERBASIS BLENDED LEARNING

Ashfiyah, Siti (Unknown)
Alfarizi, Abdul Khakim (Unknown)
Ruwandi, Ruwandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogoik guru dalam tiga aspek (mendesain, mengimplementasikan dan mengevaluasi) pembelajaran blended learning. Penelitian kualitatif naturalistik ini melibatkan dua guru kelas 5 di MI Kumpulrejo 01 dan MI Kumpulrejo 02, Salatiga, sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan teknik  Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas melalui dua teknik, yaitu menggunakan lebih dari satu teknik pengumpulan data dan mengonfirmasi data dari subjek penelitian kepada informan. Hasil penelitian ini adalah deskripsi kompetensi pedagogik guru dalam mengevaluasi pembelajaran mata pelajaran matematika materi bangun ruang berbasis blended learning di kelas 5 MI Kumpulrejo 01 dan MI Kumpulrejo 02 Salatiga. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kompetensi pedagogik guru dalam mata pelajaran matematika materi bangun ruang berasis blended learning MI Kumpulrejo 01 menunjukkan kategori baik sedangkan di MI Kumpulrejo 02 menunjukkan kategori kurang.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...