Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Educandy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Utami, Karina Cahya (Unknown)
Efendi, Ujang (Unknown)
Abung, Miranda (Unknown)
Nurwahidin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Hasil belajar matematika siswa sekolah dasar di Indonesia masih tergolong rendah, termasuk di SDN 1 Margoyoso. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media Educandy pada hasil belajar Siswa, serta perbedaan hasil belajar pada pembelajaran pendekatan RME menggunakan media Educandy dan pembelajaran pendekatan RME tanpa media Educandy. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental pada desain non equivalent control group design. Sampel penelitian tersusun atas 41 Siswa kelas IVA serta IVB yang dipilih melalui teknik purposive sampling dari total populasi 240 Siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar (pretest-posttest) serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data dilaksanakan dengan uji regresi linier sederhana serta uji independent t-test. Hasil uji regresi memperlihatkan yakni pendekatan RME berbantuan media Educandy berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa sebesar 52,4%. Hasil uji independent t-test memperlihatkan adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan media Educandy serta tanpa media Educandy pada nilai signifikansi sebesar 0,003

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to ...