Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Tinjauan Literatur Sistematis: Pengaruh Media Geoboard terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar

Kurneasih, Yanti (Unknown)
Aris, Ika Evitasari (Unknown)
Oktaviani, Anna Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis pengaruh penggunaan media Geoboard terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran geometri materi bangun datar di sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), penelusuran literatur dilakukan melalui Google Scholar dengan kata kunci “Media Geoboard”, “hasil belajar matematika”, “bangun datar”, dan “siswa sekolah dasar”, terbatas pada publikasi tahun 2020–2025. Dari 318 artikel yang terjaring, dilakukan seleksi bertahap menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi hingga diperoleh 10 artikel yang relevan untuk dianalisis lebih lanjut. Temuan menunjukkan bahwa Geoboard secara konsisten memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek kognitif, serta memiliki kontribusi terhadap aspek afektif dan psikomotorik. Media ini juga terbukti fleksibel karena dapat dipadukan dengan berbagai model pembelajaran seperti Talking Stick, CTL, Two Stay Two Stray, dan TaRL. Hasil kajian ini memberikan landasan konseptual dan praktis bagi guru untuk merancang pembelajaran geometri yang lebih aktif, konkret, dan bermakna, serta mendorong penelitian selanjutnya dengan pendekatan kualitatif dan pengembangan teknologi pembelajaran berbasis Geoboard.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...