Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah menyebabkan perubahan signifikan di beberapa aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Media sosial, sebagai salah satu produk teknologi digital, sudah berfungsi sebagai alat yang efisien dalam mendukung pembelajaran kolaboratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran media sosial dalam pembelajaran kolaboratif di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana media sosial dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan interaksi dan kolaborasi di antara siswa. Hasil: Pemanfaatan pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran kolaboratif memiliki potensi yang signifikan, meskipun juga menghadapi beberapa tantangan. Dengan memahami keuntungan dan tantangan ini, pendidik dan institusi pendidikan dapat menyusun strategi yang lebih efisien untuk mengintegrasikan media sosial ke dalam proses pembelajaran. Kolaborasi antara siswa, pendidik, dan lembaga pendidikan diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan produktif.
Copyrights © 2025