Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi utama dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi anak secara menyeluruh. Kurikulum Nasional PAUD menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran dan penilaian yang holistik, salah satunya melalui asesmen berbasis fitrah. Workshop ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi guru RA di Kota Cirebon dalam memahami dan menerapkan penilaian yang berpihak pada potensi alami dan karakter anak. Kegiatan ini melibatkan sekitar 50 guru RA dan dilaksanakan melalui ceramah interaktif, diskusi kelompok, simulasi pembuatan instrumen penilaian, serta praktik langsung observasi dan dokumentasi hasil karya anak. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa peserta memperoleh pemahaman mendalam terkait konsep, prinsip, serta implementasi asesmen berbasis fitrah dalam konteks pembelajaran RA. Guru mampu menyusun instrumen penilaian yang valid dan relevan dengan perkembangan anak. Workshop ini juga mendorong terbentuknya komunitas pembelajar antarguru sebagai wadah berbagi pengalaman dan strategi penerapan asesmen yang lebih bermakna. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mendukung implementasi kurikulum PAUD yang berorientasi pada karakter dan potensi anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025