Konsep dinamika fluida merupakan salah satu materi dalam fisika yang dianggap abstrak dan sulit dipahami oleh peserta didik karena bersifat teoritis dan membutuhkan pemahaman visualisasi aliran fluida. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik memahami konsep tersebut secara lebih konkret dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga anemometer sebagai media pembelajaran pada konsep dinamika fluida bagi siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian berupa angket yang digunakan untuk mengumpulkan data dari validator dan pengguna. Hasil validasi dari ahli media dan guru fisika menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Respon peserta didik terhadap media menunjukkan kategori “Sangat Setuju”. Selain itu, hasil uji keberhasilan alat melalui perbandingan antara nilai terukur dan nilai referensi menghasilkan persentase keberhasilan sebesar 91,22%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran anemometer yang dikembangkan efektif dalam mendukung pemahaman konsep dinamika fluida dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika di sekolah.
Copyrights © 2025