JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Vol. 13 No. 2 (2025): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa

Tobunggu, Amini (Unknown)
Mansyur, Jusman (Unknown)
Napitupulu, Nurasyah Dewi (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa di SMA Negeri 1 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan kelas XI MIPA 2 (n=32) dan kelas XI MIPA 3 (n=32). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah berupa tes uraian (essay) yang telah melalui proses validasi. Hasil skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai pre-test pada kelas eksperimen sebesar 41,41 dan kelas kontrol sebesar 40,62. Setelah perlakuan, rata-rata nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol meningkat menjadi 77,93 dan 70,11. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,01< 0,05 yang mengindikasikan adanya perbedaan antara kedua kelas. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen sebesar 0,63 berkategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,51 berkategori sedang. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan PhET memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa di SMA Negeri 1 Palu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpft

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, ...