Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 11 No 2 (2022)

Kerja Sama Orang Tua dan Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan dan Kematangan Karir Bermutu

Muntolib, Muntolib (Unknown)
Mujahidin, Endin (Unknown)
Andriana, Nesia (Unknown)
Alim, Akmad (Unknown)
Indra, Hasbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bermaksud guna mengenali peran kerja sama antara orang tua murid serta guru di sekolah dalam mewujudkan pendidikan bermutu serta kematangan karir. Pendidikan merupakan penentu kemajuan sebuah bangsa. Bangsa Indonesia dihadapakan dengan berbagai masalah pendidikan di antaranya masih rendahnya mutu pendidikan. Berbagai usaha telah dilakukan dalam rangka untuk memperbaiki mutu pendidikan namun belum menunjukan perbaikan yang signifikan. Beberapa indikator menunjukan mutu pendidikan yang masih rendah termasuk dalam hal ini adalah permasalahan kematangan karir. Tidak sedikit dari orang tua yang menganggap kewajiban mendidik anak merupakan kewajiban guru di sekolah sehingga orang tua melepas tanggung jawab mendidik begitu saja serta menyerahkan sepenuhnya kepada guru di sekolah. Padahal untuk mencapai tujuan pendidikan dan kematangan karir dibutuhkan kerja sama dari semua pihak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan studi kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kerja sama antara orang tua murid  dengan guru sekolah memiliki efektifitas dalam peningkatan mutu pendidikan serta kematangan karir. Kewajiban mendidik hakikatnya ada di pundak orang tua. Bekerja sama dalam hal kebaikan merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh islam terlebih dalam mewujudkan pendiidkan dan kematangan karir yang bermutu. Kerja sama tersebut dapat di aplikasikan melalui: parenting, komunikasi, volunteering, belajar di rumah, pengambilan keputusan bersama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...