Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan ChatGPT dalam pembelajaran Biologi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di Madrasah Aliyah Pompanua. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan ChatGPT dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis, serta dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan bantuan ChatGPT, di mana rata-rata peningkatan skor (gain) siswa kelas eksperimen sebesar 19,58 poin, sedangkan kelas kontrol hanya 9,69 poin. Selain itu, analisis uji-t menunjukkan perbedaan hasil yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan ChatGPT membantu siswa lebih aktif dalam berpikir, memahami konsep Biologi secara lebih mendalam, dan berlatih menyelesaikan masalah secara kritis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi Artificial Intelligence seperti ChatGPT memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif dan efektif, khususnya dalam pembelajaran Biologi di tingkat Madrasah Aliyah.
Copyrights © 2025