Jurnal Pengabdian Tangerang Selatan
Vol. 3 No. 1 (2025): (Januari-April) Jurnal Pengabdian Tangerang Selatan

Mengintegrasikan AI Dalam Kurikulum: Pelatihan Untuk Tenaga Pengajar Dalam Mengembangkan Pembelajaran Yang Efektif

Nursafitri, Sintia (Unknown)
Kharismawan, Bagus (Unknown)
Andriani, Prima (Unknown)
Kusworo, Kusworo (Unknown)
Putranto, Ivan (Unknown)
Angriani Zn, Sefrimel (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2025

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut guru untuk beradaptasi agar tetap relevan dengan kebutuhan pendidikan abad 21. Peningkatan keterampilan dalam pengembangan kurikulum yang responsif dan efisien perlu dilakukan secara berkelanjutan agar selaras dengan kemajuan teknologi. Kegiatan pelatihan di SMK Nurul Anwar (SMK L’Pina) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan Artificial Intelligence (AI) ke dalam kurikulum sekolah. Melalui pemanfaatan AI, kurikulum dapat disusun lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik, membantu meningkatkan pemahaman, serta memperkuat retensi materi pembelajaran. Selain itu, penerapan AI dalam pengembangan kurikulum memungkinkan guru menghemat waktu dalam perencanaan pembelajaran, sehingga dapat fokus pada penguatan interaksi dan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dengan pemaparan materi dan praktik penggunaan AI dalam pengembangan kurikulum, serta tahap evaluasi untuk menilai pemahaman peserta. Melalui pelatihan ini, para guru dibekali kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi terbaru khususnya penggunaan AI, sehingga mereka dapat berinovasi dan berkolaborasi secara lebih efektif dan efisien dalam proses penyusunan kurikulum. Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, AI, Transformasi Digital, Kurikulum, Pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurantas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Tangerang Selatan [JURANTAS), merupakan jurnal tahunan yang membahas tentang kegiatan yang melibatkan masyarakat, pengembangan, layanan, dan pemberdayaan masyarakat. Jurnal ini menyediakan wadah pertukaran keilmuan bagi akademisi, praktisi, dan kegiatan yang berkaitan dengan ...